KOK HIDUNG SERING MAMPET TIAP GERD KAMBUH? #6

Awalnya saya cuma merasa sesak tiap kali kawan saya muncul. Tapi lama-lama kok hidung saya jadi ikut-ikutan mampet ya? Tiap kali shalat dan sujud pasti gak kuat. Pertama, karena asam lambung itu pasti naik ke esofagus disebabkan oleh posisi sujud yang condong ke bawah. Setelah itu yang saya rasakan adalah, tiba-tiba hidung terasa penuh atau mampet. Tapi ketika selesai shalat dan berdiri untuk beberapa detik, hidung saya kembali normal.


Karena rasa penasaran saya dengan penyebab hidung mampet ini saya mencari informasi dari berbagai sumber. Saya sangat yakin bahwa hal ini ada hubungannya dengan GERD, soalnya kejadian ini tidak hanya terjadi sekali, tetapi beberapa kali setiap GERD saya kambuh. Saya mencari-cari informasi di internet, dan ternyata banyak sekali orang yang mempertanyakan hal serupa kepada dokter-dokter online. Tetapi jawaban mereka tidak memuaskan, karena ada yang berpendapat bahwa "Mustahil GERD bisa menyebabkan hidung tersumbat, sebab tidak ada jalur yang dapat menghubungkan lambung dengan hidung. Sistem pernapasan dan sistem pencernaan memiliki jalurnya masing-masing." Tetapi saya masih tetap yakin bahwa ini pasti ada hubungannya. Saya bertanya pada komunitas GERD di facebook. Ternyata beberapa diantara mereka juga mengeluhkan hal yang serupa seperti saya. 

Suatu hari saya pergi memeriksakan diri ke dokter umum. Lalu saya bertanya kepada dokter, "Apakah GERD bisa menyebabkan hidung tersumbat?". Jawabannya, "Tidak. Kalau hidung kamu tersumbat mungkin itu disebabkan oleh hal yang lain." Saya cukup kesal dengan jawaban itu, karena saya yakin 100% pasti ada hubungannya. 😤

Kemudian saya kembali mencari-cari informasi di internet, dan ternyata.... ada beberapa artikel yang menyebutkan bahwa GERD memang bisa menyebabkan hidung tersumbat atau menyebabkan penumpukan cairan di dalam sinus. Salah satu dokter "online" juga berkata kalau sinusitis bisa diakibatkan oleh gangguan asam lambung. Setelah mengetahui hal itu saya cukup lega, pasalnya saya sudah sangat yakin bahwa hal itu berkaitan, sehingga saya tahu akar masalahnya. 

Beberapa hari kebelakang saya merasa tidak enak di hidung. Hidung saya mampet terus dalam jangka waktu yang lama, terutama saat malam hari. Saya tidak bisa tidur hampir selama seminggu. Saat pagi hari memang terasa membaik, tapi saya masih merasa tidak enak di hidung bagian atas, tepatnya bagian sinus. Terasa ada cairan tetapi tidak bisa dikeluarkan, dan terasa ada yang menekan bagian wajah saya. Terutama di daerah dahi dan pipi. Mata saya juga terasa sangat pegal. Padahal saat itu saya sedang melakukan kegiatan yang sangat penting, akhirnya kegiatan saya jadi sangat terganggu. Setelah pulang ke rumah saya buru-buru istirahat karena pusing yang lumayan, dan hidung yang super tidak enak. Saya sudah melakukan berbagai cara, tapi masih tidak berhasil. Akhirnya saya memutuskan untuk pergi ke dokter THT.

Saat itu pukul setengah 8 malam. Saya ditemani oleh ayah saya ke dokter THT. Ternyata antriannya lumayan juga, kami kebagian antrian nomor 9. Setelah kebagian giliran saya dan ayah saya masuk ke dalam ruang periksa. Dokter nanyain saya banyak hal. Saya kasih tahu kalau hidung saya mampet udah beberapa hari dan rasanya sakit di bagian dahi. Setelah itu rongga hidung saya diperiksa. Dokter bilang, "Wah, ini ada pembengkakkan!" Saya cukup kaget. Setelah periksa dokter bilang bahwa saya menderita sinusitis. Bisa jadi karena bakteri atau alergi. Lalu saya bertanya, "Apakah hal ini bisa disebabkan oleh naiknya asam lambung?", lalu dokter menjawab, "Iya. Bisa berhubungan tetapi tidak secara langsung. Kalau asam lambung naik hingga ke tenggorokan bisa menyebabkan penumpukan cairan di sinus. Tetapi ini hal yang sangat jarang terjadi." Bagaimana kalau saya termasuk salah satu dari kasus yang jarang terjadi ini? Saya sedikit khawatir. Tapi naudzubillah, sih! Lalu saya kasih tahu, "Soalnya, dok, saya punya penyakit asam lambung dan setiap asam lambung kambuh hidung suka mampet." Akhirnya dokter pun memberitahu saya untuk selalu menggunakan masker saat keluar rumah, dan dokter memberikan resep obat. Salah satu obatnya adalah Lansoprazol, obat golongan PPI. Padahal saya sudah punya omeprazol 20 mg di rumah. Karena di kasih itu ya mau gak mau saya berhenti pake omeprazol, dan ganti dengan Lansoprazol 30 mg. Sebetulnya saya disuruh minum 2 kali sehari, tetapi karena saya tahu efek samping dari PPI dan dikarenakan dosis yang tinggi pula, saya cuma minum satu kali tiap pagi. Selain itu dokter juga memberikan antibiotik, obat rhinos dan paracetamol, juga nasal spray. Dokter memberi tahu saya untuk kembali melakukan check up setelah seminggu untuk melihat kemajuannya. 

Setelah mengkonsumsi obat-obatan itu sinus saya berangsur membaik, sekarang sudah tidak mampet. Tapi masih terasa ada penyumbatan di dalam sinus, dan masih terasa sedikit tidak enak di daerah dahi dan pipi. 

Menurut artikel yang saya baca, memang GERD ini dapat menyebabkan penumpukan cairan dalam sinus, selain itu ada beberapa komplikasi yang bisa terjadi jika tidak ditangani, seperti:
Lalu bagaimana cara mengatasinya? Yaitu seperti yang pernah saya katakan, perubahan pola makan, pola pikir, dan pola hidup. Tenang saja, gak usah teralu dipikirkan. Yakin bisa sembuh asal mau berubah!

Ketika seseorang terkena GERD, kualitas hidup biasanya menurun. Seperti saya, yang tidak bisa tidur beberapa hari. Hal itu menyebabkan tubuh lemah dan kurang energi. Selain itu asupan nutrisi yang dapat diserap oleh tubuh kita pun sedikit dikarenakan pencernaan kita bermasalah. Itu yang menyebabkan imunitas kita menurun, ditambah saya sedang berpuasa. Makanya wajar kalau sinus saya jadi bermasalah. Jadi intinya kita hanya perlu menjaga pola makan dan pola hidup yang baik agar tidak mudah terserang virus atau bakteri. Banyak makan-makanan berserat karena itu baik bagi pencernaan. Kurangi makanan berlemak. 

Apa yang bisa kalian lakukan kalau kalian hidungnya mampet juga kayak saya?
1. Kompres air hangat di area sekitar sinus. 
2. Membersihkan hidung dengan air garam, kalau bisa garam murni bukan yang beryodium.
3. Bisa ngehirup aroma kayu putih.
4. Menghirup uap air panas. Simpan air panas dalam baskom, hirup uap air nya. Tutupi kepala dengan handuk agar uap tidak kemana-mana.
5. Pakai obat dekongestan. Ini cara paling cepat, tapi tidak boleh terlalu sering dilakukan karena malah bisa membuat hidung tersumbat lebih parah lagi.
6. Minum obat oral. Lebih aman menurut saya. Tetapi memang tidak bekerja sangat cepat.
7. Hindari makanan pencetus sinus kambuh. Hindari alergi. (Hindari makanan pantangan penderita GERD bagi yang berkawan dengannya).

Sepertinya cuma segitu yang saya tahu bisa meringankan gejala hidung tersumbat. 

Sampai jumpa di bagian selanjutnya.... 😋

Share:

132 komentar

  1. Terima kasih atas info nya..sangat membantu sekali krn sy merasakan hal yg sama dgn anda.Sekarang sy sdh mendapatkan jawaban yg memuaskan. Salam sehat selalu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama. makasih juga udh baca! semoga cepat sembuh. :)

      Hapus
    2. Saya juga merasakan hal yang sama. Makasih infonya...

      Hapus
    3. Terimakasih atas penjelasa pengalaman yang sangat penting untuk saya, semua yang di artikel ini benar adanya seperti yang saya rasakan.

      Hapus
    4. Terimakasih infonya, jadi faham karna sy jg mengalami hal yg sama

      Hapus
  2. Mba.. boleh minta nomor WA nya? Karena saya juga mengalami hal yg sama.. trims sebelumnya

    BalasHapus
  3. Saya jg sama.tp mungkin ga sih jg karena aslam.sinusitis saya hanya di hidung kiri aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalah hilang timbul atau selalu mampet???

      Hapus
  4. artikel yang sangat menarik sangat cocok sekali buat saya karena saya mengalami persis yang dialami penulis

    BalasHapus
  5. Artikel yg sgt cocok utk saya.. saya penderita maag Kronis sudah sekitar 25 tahun lamanya sejak umur 10 tahun.. setiap maag kambuh maka saya akan bersin2, hidung mampet n melerrr parah.. Mata terasa pedas dan terlihat sembab. Terasa ada tumpukan cairan di dahi dan pipi kanan kiri. Saya hampir tiap hari harus mengkonsumsi strocain utk maag saya.. Dan paratusin bila mulai bersin2... Benarkah sakit ini bisa sembuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti bisa dengan izin Tuhan. :) tapi yang namanya penyembuhan harus kenal sabar. Bisa sampai bertahun2 apalagi kalau sudah kronis. tapi kalau serius nyembuhin nya... bisa lebih cepat sembuh mudah2an. cukup lama juga ya sejak 10 tahun.

      Hapus
    2. Ya makasih info nya saya pun merasakan yg sama ...ketika mag kambuh hidung rasa mampet

      Hapus
  6. apakah hidung mampet disertai sakit kepala dan rasa tidak nyaman di leher dan telinga?
    saya penderita gerd juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali 100 buat km!

      Hapus
    2. Yup sama persis dengan saya....leher n.telinga.sudah enakan... tinggal di bagian hidung...gmn ya?

      Hapus
    3. Kak biar telinganya Sama lehernya enakan gimna caranya ya,, Udah 6 bulan kayak Gini Trus berat rasanya kepala

      Hapus
    4. Pijat refleksi dan akupuntur cobain deh, sy udh nyoba alhamdulillah membaik.

      Hapus
    5. Kakak juga Sama seperti ITU, rasanya tu muka kayak diremas/tertekanan Dan telinga gak enak bnget kadang berdering

      Hapus
    6. Ya benar. Telinga berdering juga salah satu gejala GERD. Boleh tuh dicoba kayak saran kakak diatas, pijat refleksi sama akupuntur. Udah saya cobain hasilnya enak banget. Coba pijat refleksi dulu aja kalau takut sama jarum. heheee karena dua2 nya sama2 befungsi mengembalkan kerja organ agar kembali normal.

      Hapus
  7. Sy jg penderita sinusitis,tp gila awal ini mirip yg sy rasakan sekarang, sy tkena asam lambung, mata spt berkunang kunang, konsentrasi menurun, pipi knn kiri berasa ada yg mngganjel, tpi sy blm cek ke tht

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bisa secepatnya biar bisa langsung ditangani ;)

      Hapus
  8. Sudah hampir sebulan gerd saya kambuh, dan selama itu pula kalo lagi parah mampet selalu saya rasakan, mana gak ingusnya sungguh tidak enak, terima kasih artikel ini membantu menjawab pertanyan say.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kembali. Semoga lekas sembuh 😀

      Hapus
  9. Terimakasih informasinya, bermanfaat sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 senang dengarny 🙏🏾🙏🏾😁

      Hapus
  10. saya juga merasakan hal yg sama,, Kaya mau dpt flu tpi bkn..

    BalasHapus
  11. Saya juga sama sudah 3 bln kena gerd dan 2 kali rawat inap
    Tapi sekarang sudah mendingan banyak
    Sudah ga sesak cuma kadang kurang tidur bisa kembung aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang dengarnya, semoga seterusya bisa terus membaik ya!

      Hapus
  12. Saya juga hidung mampet terus ni gk hilang" 😭 perut sebelah kanan kembung terus ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba minum air hangat dan kompres biasanya saya bekerja sih

      Hapus
  13. Saya juga nih baru kali ini lambung saya kambuh sampai dada sesak dan hidung tersumbat. Padahal sebelum2nya hanya perih dan mual saja sama tidak nafsu makan (sempat dirawat inap juga karena stress). Saya browsing2 kok merujuknya ke penyakit jantung atau penyakit2 serius gitu, saya jadi parno sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena gejala GERD hampir mirip dengan jantung bedanya kalau jantung sakitnya menyebat kalau getd cuma di dada doang panas disebutnha "heartburn". Jangan terlalu banyak browsing di internet. GERD itu kawannya anxiety kalau udah parno nanti tambah sering kambuh lagi. Emang awalnya bisa dari maag biasa karena pola hidup gak baik jg. Jadi mari kita rubah pola hidup dari sekarang! 😄

      Hapus
    2. Parno banget...klo lg kambuh....smpe insomnia.... dingin rasanya tpnkeluar keringat berlebih....n semakin.memperparah joka.kita browsing...

      Hapus
    3. iyaa.. makanya jngan terlalu dipikirin.. jalanin aja.

      Hapus
    4. iyaa.. makanya jngan terlalu dipikirin.. jalanin aja.

      Hapus
    5. Wah saya juga sama, saya malah sampe deg-degan nyeri kemana2, saya juga parno gara-gara browsing mirip penyakit jantung, tapi pas saya ke dokter, dokternya bilang saya deg-degan karena panik, sekarang saya pun masih parno

      Hapus
  14. Ini sama banget yg saya alami sekarang, hanya setiap sore ke malam hidung saya mampet setiap hari sudah 1bln,tapi klo GERD udh 2 Tahun, Bb dari 75kg skr 55kg drastis,tiada hari tanpa sesak nafas,hidung mampet hilang timbul,sdh jalanin 3P tapi malah makin kurus pasrah deh skr 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ada salah satu kebiasaan yg hrus dihilangkan. Who knows?! Atau mungkin belum bener2 maksimal usaha. Ayo semangat! Jangan sampai berhenti.

      Hapus
  15. thanks kak,tp saya blm puas,ingin sekali meluapkan keluh kesah ke kk tetang gerd yg sy alami...
    kak,ada grup atau akun sosmed lainnya!?pleas kk...gbu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau bisa gabung grup facebook: 1.GAI (Gerd Anxiety Indonesia) 2.GIHM (Gastrointestinal Health Mania Indonesia). Disitu bisa diskusi sesama penderita GERD.

      Hapus
  16. Ah persis dg yg saya alami saat ini. Saya jg yakin hidung mampet ada hubungannya dg GERD.
    Ah semoga kita semua segera sembuh dan sehat seperti sedia kala ya.
    Terimakasih artikelnya, bermaanfaat sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Terimakasih sudah membaca.

      Hapus
  17. Sama dengan saya.... sy sdh 3 minggu hidung tersumbat malah gantian sama telinga dan leher g enk... sprti ad udara yg mw keluar

    BalasHapus
  18. Saya baru saja pulang opname karena sakit dada,dan di diagnosa gerd juga.....saya sering browsing di internet malah menjurus ke jantung dan buat saya smakin cemas, dan sekarang setiap cemas sikit langsung kambuh...boleh tau agan2 pada saat gerd kambuh apa saja yg d rsakam???makasih bnyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya biasanya sesak, pandangan jadi rada kabur, kesemutan, telinga berdenging (tinnitus), terasa ada yang mengganjal di tenggorokan (globus sensation), sendawa terus. Biasanya kalau angin dah keluar sesaknya hilang.

      Hapus
    2. Mba, saya lagi ngerasain ini sekarang, makin khawatir depresi banget liat di internet kok mengarah ke penyakit aneh2, gimana saat ini keadannya ?

      Hapus
    3. Jauh membaik, kuncinya tiga jaga makannya, jangan liat yang bikin stres (gak usah kepoin internet lama2 cari informasi tentang penyakit kalau mau baca blog saya boleh tapi hee..), sama sering bergerak. Terus kalau kambuh jangan panik, nanti malah tambah sesek. Kalau kambuh minum air hangat, balur pakai minyak kayu putih, tunggu sampai kentut atau sendawa. bisa berdiri, jangan pake baju yang ketat. Jangan bandel pokoknya makanan segala dicoba.. gak usah jajan dulu deh mending bikin sendiri kalau jajanan supermarket pakai pengawet. Gak kenapa2 kok Gerd ini bukan penyakit tapi kondisi dan lebih ke psikis sebenernya daripada ke masalah lambungnya, jadi kalau mau sembuh lakukan hal2 yang buat kakak seneng dan lupa sama GERD ini. Oke!! :D semangat

      Hapus
    4. Sy jg akhir2 ini sensasi sumbat dan mersa bnyakn lendir alias ingus...trutama klo hjn gini dingin alhsil sesak krn sangkut di hidung..s4 parno jg..tp sltelah mmbca artikel ini jd mulai plong perlahan trutama cmasnya dan alhsil hidung beransur2 plong sesak pun mulai hilang pdhln cm mnum air putih hanget dan ngebaca artikel ini...

      Hapus
    5. Wah senang sekali rasanya artikel ini bisa menjadi obat, membuat hati pembaca jadi lebih tenang. :D makasih sudah membaca!

      Hapus
  19. Apakah ada grupnya?biar bisa saling sharing....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau bisa gabung grup facebook: 1.GAI (Gerd Anxiety Indonesia) 2.GIHM (Gastrointestinal Health Mania Indonesia). Disitu bisa diskusi sesama penderita GERD.

      Hapus
  20. Terima kasih utk infonya,sngt membantu.sy jg mengalami hal yg sama, 6 hr yg lalu tiba" sy sesak nafas yg luar biasa sampe dilarikan ke IGD.menurut dokte yg membuat sesak dr asam lambung yg naik.sy disuntik utk meredakan maagnya dan diberi resep Sucralfate dan ranitidine.bangun tidur sy kembali sesak dan hidung mampet, sy putuskan utk akupuntur.alhamdulillah lambung ga perih lg hanya hidung masih sj mampet.kt dokter bertahap ga bs sekaligus sembuh.ta sdh sy sabar.besoknya sy kembali merasa sesak tp cm sedikit dan hidung msh sj mampet..krn sy pengen cpt" sembuh akhirnya sy coba pijat reflexi dan alhamdulillah berangsur pulih hidung ga mampet lg dan ga sesak lg, akhirnya sy bisa tidur lmyn pulas setelah bbrp hr ga bs tidur.
    Mdh"an pengalaman sy bisa menginspirasi teman" yg sedang sakit serupa dgn saya.
    Semoga yg sedang sakit cepat pulih sehat seterusnya. Aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin... semoga bisa terus sehat ya.

      Hapus
    2. Kak klo boleh tau obat semprot hidung namanya apa yg di Pake kakak,

      Hapus
    3. Kak klo boleh tau obat semprot hidung namanya apa yg di Pake kakak,

      Hapus
    4. Kalau obat semprot steroid yang untuk alergi itu saya kalau gak salah pakai merk "avamys", cuma pengunaan sebulan lebih. Terus ada juga yang saya pakai tapi bukan steroid, namanya "Afrin" cuma kalau ini hanya boleh dipakai 3 hari. Gak boleh lebih dari 3 hari karena malah akan memperparah keadaan. Selain itu saya pernah coba cuci hidung sejenis neti pot, namanya "neilmed sinus rinse" cuci hidung pakai air garam. Brand amerika tapi diual ditoko online juga. Cuma udah gak pakai lagi. Penggunaan botolnya 3 bulan saja setelah itu harus ganti. Dan menurut saya agak ribet makanya saya malas pakai.

      Hapus
  21. Kalo di gurah hidung boleh ga ya??soalnya mengganggu bgt..apalagi saya lg hamil..saya GERD udh 1th..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang begitu tahu. Sebetulnya saya sempat mau coba gurah tapi setelah saya selidik2 cari informasi sebisa mungkin, saya baca kalau yang namanya Gurah itu belum ada penelitan medisnya apakah benar-benar aman untuk dilakukan. Walaupun sebetulnya sudah ada banyak yang pernah mencoba gurah tapi gurah itu sendiri menurut saya tidak cocok untuk semua orang. Selain itu banyak yang setelah melakukan gurah mengalami berbagai keluhan salah satunya indra penciuman berkurang sehingga banyak sekali pasien THT yang datang mengungkapkan kalau mereka sebelumnya pernah melakukan gurah karena cairan yang dipakai untuk gurah pun belum pernah diketahui kandungannya seperti apa dan kalau tidak salah cairannya itu memang tajam dan pekat makanya bisa menarik lendir sekian banyaknya sehingga karena ketajamannya itu kurang tau apakah baik untuk saraf dalam hidung atau tidak. Tapi bukan berarti semua orang mengalami itu ada juga yang merasa lebih baik setelah gurah. Cuma kalau saya sendiri prinsip nya gak mau asal coba-coba kalau belum yakin 100%. Jadi lebih berhati2 aja. Tapi kalau mbak merasa ada baiknya mencob agak masalah, karena jalan kesembuhan setiap orang berbeda2. cuma kalau mbak merasa mampet karena Gerd lebih baik Gerd nya yang diatasi. Akar permasalahannya. Terimakasi sudah membaca semoga membantu maaf baru balas sekarang. :)

      Hapus
  22. Hampir semua artikel diatas persis sama dengan penyakit saya .
    Dan sekarang saya sudah tau ..
    Jawaban yg memuaskan , dbanding dengan jawaban dokter laenn ..

    BalasHapus
  23. Obat antibiotik diminum bersamaan sma obat lanzoparsol nya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah berhenti konsumsi obat2 kimia untuk lambung. Lebih baik minum rempah2 bisa dicoba.. :)

      Hapus
    2. Rempah rempah nya membuahkan hasil kah mba ?

      Hapus
    3. Iya sangat membuahkan hasil. saya biasanya langsung sesak kalau sakah makan sekarang lebih sering kembung aja. jauh lebih baik dari dulu.

      Hapus
    4. Rempah rempah nya apa itu kak klo bisa sharing juga..supaya bisa membaik juga dari GeRD ini

      Hapus
    5. oke. entar saya buat artikelnya.

      Hapus
  24. apa sekarang Kakak sudah sembuh , trus obatnya apa ya aku udah 1th lebih mampet trus tiap hari , padahal gerd udah mulai berkurang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek dulu ke THT. Takutnya memang masalah dari hidung bukan dari GERD. tetap harus tanya ke ahlinya, tidak bisa self-diagnosis..

      Hapus
  25. Ya seperti yg saya alami
    Sebenarnya sempet sembuh tapi selama 2bulan pola makan dan hidup saya ga teratur lagi,khilaf hehehe
    Akhirnya kambuh lg sampe skrng
    Sedang fase penyembuhan lagi
    Jd menurutku lbh baik kita selesaikan terapi penyembuhan selama 3-4 bulan dlu
    Baru gaya hidup agak di normalin hehe
    Saya liat org2 yg sudah sembuh makan bnyk,trus bervariasi
    Jadi bisa untuk motivasi ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul. Menjaga pola makan untuk penyembuhan memang butuh waktu lama. Sebaiknya untuk lebih maksimal selama satu tahun dijaga. Baru kesananya coba2 lagi. Tapi tetap saja walaupun sudah sehat bukan berarti kita bisa asal2an makan. Karena menjaga kesehatan lebih baik daripada mengobati, sebaiknya tetap jaga makanan walau sudah sembuh bisa diganti cemilan yang lebih sehat.

      Hapus
  26. Sy sedang hmil 4 bulan sudah nglamin gerd hmpir 10 bulan tiap hari sesak d ulu hati hidung leher kaku trus kaki tangan dingin,sk pnasaran lihan d gogle hsilnya penyakitnya pda nkutin jd saya sk cmas panik kpikiran takut,aa itu jg karna gerd?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi. Gerd saat hamil itu biasa. Bisa dijaga pola makannya. Kecemasan atau anxiety juga berdampingan erat dengan Gerd. Makanya jangan terlalu banyak berpikir hal yang tidak2, lebih baik lakukan sesuatu yang menghilangkan stres atau meditasi atau berdoa bisa mengurangi gerd kambuh.

      Hapus
  27. Terimakasih alhamdulillah saya merasa lega dan tenang setelah baca cerita ini sama seperti saya alami, saya baru ada masalah lambung 3 minggu, dan yg saya saya alami hidung tersumbat tapi tidak bisa keluar dan tenggorokan terasa ga enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya biasanya rasa tersumbat pada Gerd itu hanyalah sensasi. Bisa dicoba lebih banyak minum air putih. InsyaAllah mengurangi gejala dan jaga pola makan..

      Hapus
    2. Mohon petunjuk mbak saya bingung juga sudah lama saya mengalami perut kembung, tenggorokan seperti tersumbat kadang keluar lender lengket, hidung tersumbat sebelah kanan atau kiri , sesak, lemas dan pusing tapi dada dak sakit. Dokter menyatakan saya asam lambung dan untuk hidung di suruh periksa ke tht bagaimana ya

      Hapus
    3. pertama coba rubah dulu pola hidupnya, makanan yang dikonsumsi dijaga. nanti kalau belum ada perubahan dengan hidung baru periksakan ke THT. karena masalah hidung bisa dari asam lambung bisa juga memang hidungnya yang bermasalah.

      Hapus
  28. Saya sedang mengalami ini. Kemarin types 2mggu tp sblmnya dokter pun blg sya kena gerd. Inj hidungnya mampet terus beberapa hari ini apalagi klo abis agak capek plg krja..berarti itu dr gerd nya juga y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi. Kalau mampetnya ketika gerd kambuh saja mungkin dari gerd. tapi kalau disertai bersin atau alergi mungkin masalah yang berbeda.

      Hapus
  29. Salam kenal mbak Khansa , yup betul banget itu artikelnya sy lg ngalamin Tinnitus Sinusitis karena Gerd, sy skrg gabung di grup FB GTI (Gerd Tinnitus Indonesia) disitu lebih nyaman dr Grub Gerd Anxiety utk supportnya.Dan ada panduan pola makan juga.
    Beberapa anggota sudah sembuh.
    Ini sy lg ngikuti programnya mudah2an sembuh juga..aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga! Semoga sukses dengan programnya dan bisa lekas sembuh :)

      Hapus
    2. Kak kalo mau nanya2 gerd sm sinusitis bisa minta IG atau Wa kah? 🙏

      Hapus
  30. Saya juga mengalami hal yg sama, saat gerd kambuh hidung tersumbat dan telinga berdengung.

    BalasHapus
  31. Sama dari November 2019 sampe sekarang begitu setiap hari. Dari saya dirawat karena tipes, akhirnya lambung saya kena juga sampe sekarang pun belum sembuh. Gerd dan mampet

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba makannya dibetulkan dan perbanyak makan rempah2. stop konsumsi gula, terigu, gluten, produk2 susu sapi, perbanyak makan makanan probiotik atau yang mengandung bakteri baik seperti tempe,dll. jangan telat makan dan jangan begadang. banyak bergerak InsyaAllah pasti sembuh.

      Hapus
  32. Akhirnya plong baca artikel ini masyaa Allah. Sudah 3 mingguan ini GERD saya kumat, dan ganti2 sakitnya. Mulai dari sakit kepala, mual, muntah, telinga berdenging, sendawa trs, sesak nafas, regurgitasi, tenggorokan/dada mengganjal, ada lendir di teggorokan sampe hidung mampet sebelah yang hilang timbul. Tapi sekarang sdh berangsur membaik Alhamdulillah. Kuncinya memang jangan banyak pikiran (parno) dan jaga pola makan. Semangat sembuh semuanya, bismillah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. lanjutkan pola hidup yang baik, memang susah untuk menjaga makan terkadang karena suka terbawa yang lain tapi bukan tidak mungkin jadi harus dipaksa. semangat!

      Hapus
  33. Alhamdulillah, setelah baca artikel ini perasaan saya jadi lebih lega lebih plong, semoga kedepannya saya bisa lebih berfikiran positif.

    BalasHapus
  34. Saya juga udh 2 minggu ini ngalamin seperti itu tbtb sesak nafas dibagian hidung sering bersendawa mual . Klo lagi sesak bawaanya mau muntah ka. Padahal dulu pnyakit magh .. tapi baru" ini aja nafas sesak. Keringet dingin . Badan tdk demam .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bsa jadi klep nya udh melemah. Coba pola makannya jaga lagi. kalau gitu lagi bisa coba minum madu campur dengan air hangat.

      Hapus
  35. Skrg saat juga merasakan hidung tersumbat dan dada seperti ditekan. Saya gak ada riwayat maag, tapi karna kemarin radang tenggorokan, jadi pikiran gak karuan karena sakit di tengah pademi virus covid. Akhirnya asam lambung naik, bbrpa hari kemudian mulut terasam asam, akhirnya browsing dan itu gejala Gerd. Uda mendingan setelah minum obat dokter. Tapi kadang kambuh lagi, sprti nyeri di ulu hati (tidak sering) dan sempat nyeri di lengan kiri. Setiap baca berita covid saya selalu ngerasa gak karuan, dada serasa sesak ,cemas ini itu dll. Apa ini anxiety ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba, saya mengalami gejala yang sama, bahkan sudah hampir 2 bulan ini belum sembuh total.. Betul, awal mula nya adalah kecemasan berlebih akan pandemi ini, ditambah mungkin secara ga sadar kita konsumsi vitC secara berlebihan dan berbagai macam suplemen untuk menjaga imun tubuh dari ancaman covid.. Ternyata itu yang menjadi penyebab awal mula serangan pertama 7 april lalu, nafas berat, tangan kesemutan, perut kencang dan begah.. Bahkan saya udah telp DINKES untuk di jemput ambulance.. Untung nya setelah diskusi dengan dokter, saya di diagnosa terkena serangan GERD.. Sudah berkali2 berobat ke umum, IGD 3x, dokter internis 1x, bahkan terakhir hari ini baru saja telemedicine ke dokter internis di siloam.. Ohya, berkaitan dengan anxiety, sepertinya gejala yang kita semua alami dan yang bertepatan dengan pandemi global ini ada kemungkinan dari anxiety, lebih tepatnya psikosomatik.. Gejala nya sangat mirip sekali, sesak, nyeri ulu hati, lemas, mau pingsan, hidung mampet, tangan kesemutan, tenggorokan terganjal, hawa panas di kerongkongan, cemas dan takut berlebih, takut mati, dada sakit seperti di tekan.. Jika pengobatan medis ga berhasil, cek darah, rontgen, CT scan, bahkan rapid/swab semua aman, bahkan setelah endoskopi, hasilnya tetep krn gerd dan ga sembuh2.. Ada baiknya kita semua konsul ke psikiater, khususnya pakar psikosomatik.. Jgn salah, banyak penyakit dengan gejala ini bisa saja sembuh setelah konsul dan minum obat2an dari psikosomatik.. Saat ini saya belum coba kesitu, karena dokter siloam mengatakan bahwa obat PPI seperti ome,lanso,bahkan nexium.. Bukan anti reflux.. Jadi saya mau coba obat2an dari dr. Internis di siloam.. Jika gagal, mungkin akan endoskopi atau konsul ke psikiater..
      Semoga semua sehat, dan lekas sembuh.. Termasuk saya :")

      Hapus
    2. Iya mbak itu bagian dari anxiety. Anxiety dan GERD sangat berhubungan. Biasanya org dengan tingkat kecemasan yang tinggi bisa membuat asam lambung naik karena lambung merupakan otak kedua manusia, dan begitupula sebaliknya, mereka yang menderita GERD selalu mengalami gejala anxiety. Kalau mbak kena GERD karena cemas maka mbak harus berusaha mengurangi kecemasan. Contohnya jangan terlalu sering cek berita lebih baik lakukan hal2 yang mbak suka.

      Hapus
    3. Salam kenal mba khansa....mksh sdh membuat kecemasan saya lbh plong... Saya adl termasuk org yg menderita gerd anxiety...sdh hampir setahun saya menderita gerd... Awalnya dari stress yg berlebihan sampai makan tdk teratur. Awal serangan gerd hampir ky serangan jantung... Jantung berdebar, keringat dingin, lemas, kliyengan, sampai merasa mau mati... Periksa ke dokter sp penyakit dalam,EKG...normal... Ternyata itu gerd.. Akhirnya saya pengobatan gerd tp hanya kl gejala parah baru ke dokter. Saya stok antasida kemanapun pergi. Alhamdulillah kl sdh mulai muncul gejala saya minum dan baikan. Akhir" ini saya sering sesak nafas dan hidung mampet kl habis makan kenyang....blm sempet priksa ke dokter lagi sih... Tp saya yakin itu jg akibat gerd kambuh.. Krn setiap ada sesak dan hidung mampet saya minum antasida trs sembuh.
      Perut jg terasa penuh, tenggorokan spt ada lendir tp tdk bs keluar.Rasanya sedikit lega bs mendengarkan cerita dari semua yg merasakan keluhan spt saya... Semoga kita segera diberikan kesembuhan dan kesehatan ya... Aamiin.... Semangatt sehat....

      Hapus
    4. amin. makasih juga. kalau bisa jangan sering2 minum antasida. minum pas darurat saja. kalau bisa ganti ke ramuan tradisional. dan makan secukupnya, jangan terlalu kenyang. apalagi makan gorengan, sambal, dll. yang berimnyak atau nasi padang. udah pasti kambuh sih. semangat!

      Hapus
  36. Seperti yg saya alami sekarang bulan lalu kena asam lambung dan hidung sempat tersumbat dan membaik sekitar 2 Minggu, lalu kambuh lagi sekitar 4-5 hari puasa dan keluhan sama seperti sesak, hidung tersumbat,sakit kepala,serta telinga terkadang mual ketika selesai makan lalu saya cek RS ternyata emang benar ada hubungannya antara sinus dan asam lambung sebelum itu saya sempet berpikiran aneh² soal penyakit ini tapi pas udh di bawa ke RS sakit kepala dan telinga jarang timbul sakit , terkadang sesak klo malam susah nafas dari hidung dan tenggorokan ada yg mengganjal tetapi saya jg sedang mengurasi stress takut komplikasi muncul saat asam lambung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang ada hubungan tapi tergantung. Kalau gejala hidung tersumbat hanya muncul ketika asam lambung kambuh jadi hilang pergi tersumbatnya, maka benar itu dari asam lambung. Tapi kalau hidung tersumbat terus bahkan setelah aslam tidak kambuh atau sudah sembuh maka bisa jadi bukan dari aslam bisa di coba cek ke THT.

      Hapus
  37. Mba mau tanya apakah asam lambung naik itu bisa bikin tenggorokan berlendir ya? Asam lambung sy naik dan lama kelamaan ada lendir di tenggorokan, tapi lendirnya bening sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kaya saya keluar dahak mulu Benning Dan kenyal kaya agar"

      Hapus
    2. Sama saya juga begitu. Paranya pas pandemi covid ini. 2 bulan merasakan hal2 yang di rasakan teman2 di sini, sama persis

      Hapus
    3. iya, karena si lendir itu berguna untuk melembabkan bagian tenggorokan yang terkena cairan asam lambung. karena asam lambung itu sifatnya merusak dinding kerongkongan dll.

      Hapus
  38. Alhamdulillah mendapat artikel ini.saya sangat plong skali.soalnya saya juga mampet mb tiap kli Aslam naik.dan hilang pergi....

    BalasHapus
  39. Artikel ini bagus,saya mengalami Aslam maret,Mei pas puasa kambuh sampai g bisa napas, kecemasan bertambah di saat ngalami sakit d masa pandemi, stres,g bisa tdr,dan skrg hidung mampet bergantian,timbul kecemasan,sampai akhirnya saya cari info mengenai hidung tersumbat d dokter online d kasih obat rhinos malah yg terjadi g bisa tdr,pusing,sampai parno.setelah membaca artikel ini agak lega , terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skrg bagaimana keadaan hidungny.. Apa kah gejalanya kayak kesemutan dan sensasi menekan di dahi?

      Hapus
    2. wah jangan sering2 pake obat rhinos ya! bahaya karena bisa kena gejala ketergantungan.

      Hapus
  40. Mbak nanya dong.. Apakah sensasinya hidung kayak kesmutan trus kayak ada tekanan di dahi.. Klo saya gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kesemutan enggak, tapi tekanan di dahi waktu itu iya. coba cek THT agar tahu lebih lengkap.

      Hapus
  41. Terima kasih mbak artikelnya. Apa yang mbak alami jg saya alami. Dan saya sangat kesal ketika dokter bilang tidak ada hubungannya lambung ke hidung. Padahal saya sangat yakin hidung saya tersumbat dan penumpukan lendir ada hubungannya dengan gerd. Setiap hari saya kumur2 air garam untuk mengeluarkan lendir dari hidung dan lumayan buat legar. Tapi tetap saja tersumbat. Asam lambung yang kadang mau muncul buat saya sesak napas dan gak bisa tidur tenang. Sudah malas minum obat dokter dan pernah coba minum jamu ada perubahan di lambung tapi hidung tidak. Tapi juga hanya sementara terkadang kambuh lagi. Yang bisa saya lakukan untuk lambung hanya menjaga makan sampai saat ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan air garam bisa yah ka buat ngeluarin lendir dari hidung ? Air garam nya harue hangat atau ga ka ?
      Dikumur aj kan yah bukan dimasukin kehidung ?

      Hapus
    2. air garam bisa diminum. seperti garam himalaya campur madu dan lemon bagus untuk lambung. air garam untuk kumu-kumur juga bagus untuk tenggorokan agar sisa asam lambung yang naik ke atas bisa hilang. kalau untuk ke hidung mungkin bukan pake air garam tapi bisa pakai neti pot atau semacamnya untuk menghilangkan gas asam lambung yang menempel hingga ke belakang hidung.

      Hapus
  42. Artikel nya pas banget disaya��
    Asam lambung bikin saya kehilangan semangat untuk beraktifitas. Setiap bangun tidur pasti lemas, setiap hari keleyengan ga jelas dibilang pusing tapi ga pusing kadang sakit kepala disisi kiri kanan tepat di atas telinga.leher tegang melulu sampai ke pundak.
    Tulang pipi kayak ketekan kayak ada dahak susah banget ngeluarinnya harus bertahak kencang, kalo ga diolesin minyak kayu putih kayak nya ga bakalan bisa tidur��

    Kaka admin, saya mau tanya setelah dari THT apakah tulang pipinya udah ga sakit lagi ? Kalo gerd nya kambuh gmna ?

    Ohya ada ga yg ngerasain kayak aku, bagian bawah pusat kayak ketarik ketekan gitu

    Sharing dong teman2 pengalamannya barang kali ada tips menuju kesembuhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. tulang pipinya udah gak sakit lagi sih. tapi kalau gerd kambuh ya begitu hidung mampet dan pusing. kadang kesemutan. tapi asalkan gak panik bisa langsung hilang seseknya kok. minum air putih hangat aja untuk meredakan asam lambung nya.

      Hapus
  43. Makasih artikelnya... sangat bermanfaat

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  45. Terimakasih, ceritanya mirip dengan apa yang terjadi sama saya

    BalasHapus
  46. Apakah kalo mampet suara jd bindeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya sih enggak. karena mampetnya bukan kayak yang pilek. tapi mampet karena gas asam lambung. kecuali mampet karena ingus mungkin bindeng.

      Hapus
  47. Sama ..juga sya juga ngalamin..hidung mampet tp..ngga ada lendirnya..trus kepala kerasa klinyengan..mata terasa berat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap gejala pada orang berbeda-beda. tapi kebanyakan begitu. pusing dan sesek.

      Hapus
  48. Mlm kak khanza..aku lg kambuh gerd nya.dan sesak.hidung nya jg ga enak.2 thn kena gerd.skrg kambuh lg.pdahal sembuhnya itu penuh perjuangan.pola pikir.pola makan.olahraga.bnyak gerakin badan.akupuntur.akuprusor.refleksi.tp skrg anehnya sesak dr hidung itu yg lemes badannya.ini lg berjuang mencoba pola makan lagi.

    BalasHapus
  49. Sy sudah 1 bulan mengalami sesak karena maag,setiap mual pasti hidung meler dan akhir x bikin tersumbat , skrg susah sekali karena bikin sesak.....ap mungkin karena maag yg buat hidung tersumbat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bisa. karena gas dari asam lambung itu naik ke atas. kayak kalau minum soda suka gak enak di hidung rasanya.

      Hapus
  50. Ada yg sama kaya aku gak aku kalo gerd kambuh hidung mampetnya hilang sama nafas juga berasa hilang?

    BalasHapus
  51. Sya sdh 1 bulan lebih ngerasain susah benar ....aplgi mau tidur pasti sesak jd harus bernafas lewat mulut br plong....sampai sakit serasa ditusuk ini hidung dan kepala

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba jangan makan 4 jam sebelum tidur, jadi terakhir makannya sore.

      Hapus