GERD NGEBUAT SAYA SUSAH TIDUR #5

Halo semua pembaca blog saya! Selamat menjalankan ibadah puasa, bagi yang menjalankan. Semoga tetep semangat ya! Apalagi yang punya kawan (GERD) kayak saya :) Kali ini saya mau berbagi sedikit pengalaman saya.

Waktu itu saya inget. Saya lagi baca buku udah itu ketiduran. Tapi beberapa menit kemudian saya tiba-tiba kebangun dari tidur secara spontan, rasanya kayak ada yang ngagetin. Pas bangun saya sadar kalau saya seakan-akan berhenti bernafas. Jantung saya berdetak kencang. Rasanya kayak gak ada oksigen sama sekali di dalam kamar. Saya nyoba untuk bernafas perlahan-lahan hingga akhirnya nafas saya kembali normal, tapi saya masih terengah-engah kayak habis dikejar banteng. Masih kaget karena kejadian barusan. Terus saya mencoba tidur lagi.


Di lain waktu, pernah saya terbangun jam 2 atau 3 pagi. Kejadian ini sering terjadi, dalam seminggu bisa terjadi sekitar 3 hingga 4 kali. Saya gak tau kenapa bangun terus jam segitu, yang pasti kalau saya bangun jam segitu perut saya pasti kembung dan saya ngerasain mual. Biasanya heartburn kambuh. Kalau udah kayak gitu saya suka bangun buat BAK ke toilet, terus minum segelas air putih, cek HP sampai ngerasa ngantuk, terus lanjutin tidur dengan posisi duduk atau posisi kepala lebih tinggi dari sebelumnya dengan nambahin bantal.

Beberapa minggu yang lalu saya sering ngerasa hidung saya mampet setiap mau tidur. Habis sholat isya pasti hidung itu sering banget mampet, padahal gak pilek. Udah mampet, ditambah sendawa berulang-ulang dan dada sesak. Saya tahu hal itu normal terjadi apalagi setiap udah makan. Karena minggu-minggu itu GERD saya emang lagi kambuh parah. Seperti yang kita tahu, GERD itu kalau udah sekali kambuh menderitanya bisa sampai seminggu. Jadinya selama seminggu saya susah buat tidur, insomnia. Kalau hal itu terjadi saya selalu diem dulu di atas kasur. Nyoba segala cara biar si gas dalam perut itu keluar semua. Sama nunggu hidung gak mampet lagi. Kalau udah gitu saya baru bisa tidur. Dan biasanya hal itu butuh sekitar 3 jam. Jadi saya pasti baru bisa tidur pas jam 12 atau setengah 1 malam. Besok paginya kepala pasti pusing karena kurang tidur dan hidung biasanya mampet.

Tetapi Alhamdulillah, beberapa hari ini saya udah bisa tidur cukup nyenyak. Saya gak kebangun tiba-tiba lagi. Tadi pagi kebangun sih, itu juga karena kebelet pengen ke toilet. Tapi udah itu bisa lanjut tidur lagi. Hidung saya juga udah lumayan enakan gak mampet lagi. Tapi kadang masih sering kambuh mampetnya, cuma gak separah kemarin-kemarin.

Pertanyaannya di sini adalah, apakah benar GERD menyebabkan kita susah tidur atau insomnia?

Menurut beberapa penelitian yang saya baca dari artikel-artikel, ternyata GERD memang dapat mempengaruhi kualitas tidur penderitanya. Kenapa?

Sebab GERD dapat memiliki dampak dramatis pada tidur, yang mengarah pada risiko:
1. Aspirasi asam lambung saat tertidur;
2. Berkontribusi terhadap obstructive sleep apnea (OSA); dan
3. Mengalami fragmentasi tidur yang disebabkan oleh ketidaknyamanan gejala heartburn.

Semua hal itu pernah saya alami. 

Beberapa peneliti percaya bahwa obstructive sleep apnea menghasilkan perubahan tekanan udara yang dapat menyebabkan refluks terjadi, namun peneliti lain percaya bahwa refluks asam dapat menyebabkan kejang pada pita suara yang kemudian dapat menyebabkan apnea tidur.

Apa itu sleep apnea atau apnea tidur?

Sleep apnea adalah gangguan tidur serius berupa kondisi pernapasan yang terganggu saat seseorang tidur. Jika tidak ditangani dengan baik, penderita akan berulang kali mengalami kondisi berhenti napas ketika tidur. Hal tersebut dapat berbahaya, karena artinya tubuh terutama otak tidak mendapatkan oksigen secara memadai sebagaimana mestinya. 
(https://www.klikdokter.com/penyakit/sleep-apnea)

Sebuah laporan menunjukkan bahwa sekitar 60 persen pasien dengan OSA juga mengalami GERD. Terkadang, obesitas memainkan peran ketiga dalam hubungan ini.

Tapi jangan khawatir, masalah ini bisa diatasi atau diminimalisir setidaknya dengan cara:
1. Tidur dengan posisi tidak terlalu berbaring. Karena saat tidur asam lambung bisa naik diakibatkan oleh gravitasi. Jadi usahakan tidur dengan posisi seperti duduk, tidak harus terlalu duduk, yang pasti posisi kepala harus lebih tinggi dari perut. Kurang lebih seperti ini:



2. Menempatkan bantal setinggi 10-15 cm di bawah kepala dan bantal tambahan di bawah pinggang untuk menyesuaikan struktur tulang. Ada yang mengatakan bisa juga menambah bantal di bawah kaki tapi saya tidak pernah mencobanya.
3. Jangan memakai pakaian ketat saat tidur.
4. Tidur di sisi sebelah kiri. Tapi teori ini belum benar-benar terbukti.


5. Jangan makan 2-4 jam sebelum tidur.
6. Jangan makan malam terlalu banyak apalagi yang banyak minyak dan mengandung gas. Soalnya pernah kejadian waktu malem-malem, saya makan kue tart karena orang tua saya kebetulan berulang tahun. Saya pikir gak akan kenapa-napa karena kondisi saya saat itu udah cukup membaik. Eng..ing..eng.. Ternyata, semalaman saya gak bisa tidur. Baru bisa tidur jam setengah 2 malam. Itu pun kurang nyenyak tidurnya. Kue tart itu tinggi gula dan lemak, dan lama sekali dicernanya. Akibatnya perut saya kembung dan saya gak bisa berhenti bersendawa. Rasanya kesiksa banget waktu itu. Saya sampai bulak-balik ngambil air minum sama ke kamar mandi karena kebanyakan minum. Pokoknya gak mau lagi kayak gitu. Hi~~~ 😖

doc.pribadi

Ini kue tart penyebab bencananya

7. Lakukan olah raga secara rutin.
8. Minum air hangat sebelum tidur.
9. Tidur dalam kondisi hangat. Bisa pakai kaos kaki dan jaket kalau udara dingin. Usapi perut dan telapak kaki dengan minyak kayu putih. Biasanya hal ini bekerja bagi saya. Soalnya ketika kita kedinginan asam lambung bisa naik.
10. Jika perlu bisa konsumsi obat penurun asam lambung jika memang kondisi kalian sedang parah-parahnya. Tapi lebih baik minum air jahe saja atau kunyit. Ingat! Jangan konsumsi antasida apa lagi secara terus menerus. Karena justru dapat meningkatkan asam lambung.
11. Hindari obat-obatan tertentu yang membuat kalian susah tidur. 

Lalu, bagaimana penjelasan saya tentang hidung mampet yang membuat saya susah tidur juga?? Cek kelanjutannya.....


Share:

61 komentar

  1. Saya juga kaya gitu ..lagi tidur nyenyak spontan bangun kaget lngsng. Duduk .. Dan malam. Susah tdr . Cemas berlebihan dll, menyiksa sekali :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya rasanya kayak gak nafas gitu loh kalau saya. Makanya usahakan jarak makan sama tidur itu jauh 4 jam lah.

      Hapus
  2. Saya pun bgtu,, rasanya klo mulai malem parno sndiri. Tkut mlmnya kbngun kyk khbisan oksigen.
    Ke dktr pnykit dlm sy d kasih alprazolam tp sy gk minum, tkut efek ktrrgantungan.

    Rasanya ngeri keq mau mati, jqntung berdebar kenceng buanget.

    😩😩

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama ..rasanya seperti trauma dan was was saat mau tidur,,takut dan gelisah sekali...apalagi hidung mampet..dan rasa perut tidak nyaman...jadi kalau malem suka parno

      Hapus
    2. Iya makanya makanan itu bener2 harus dijaga, terus jg usahakan gak begadang jd kalo lagi enak perut nya langsung pakr tidur karena semakin malem biasanya tambah-tambah kambuh nya. Semangat semuanya!!

      Hapus
  3. Saya pun bgtu,, rasanya klo mulai malem parno sndiri. Tkut mlmnya kbngun kyk khbisan oksigen.
    Ke dktr pnykit dlm sy d kasih alprazolam tp sy gk minum, tkut efek ktrrgantungan.

    Rasanya ngeri keq mau mati, jqntung berdebar kenceng buanget.

    😩😩

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saya juga merasakan kaya gt

      Hapus
    2. kalau takut minum obat bisa pakai herbal. tapi yang paling bagus kita racik sendiri. Bisa minum air kunyit dicoba. Dan memang yang nomor satu hilangkan kecemasan atau stres nya. karena hanya membuat keadaan semakin buruk. soalnya berdasarkan pengalaman saya sih begitu. bisa lakukan hal-hal yang bikin senang.

      Hapus
  4. Gan,suami saya juga begitu ..awalnya asam lambunglama lama ko jadi susah tidur(insomnia)sampai berbulan bulan.sampai sekarang pun masih susah tidur kalau malam kadang tidur kadang ga ,siangnya sama sekali ga bisa tidur.sampai telinga jadi berdengung trus sudah berbulan bulan.obatnya apa ya gan supaya bisa sembuh seperti semula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Obat nta merubah pola hidup total dan berobar nya juga harus sabar gam sebentar. Seenggaknya dua tiga tahun bener-bener kontrol makanan dan yang terutama pikiran kalau gampang stress percuma banti bakal kambuh terus walaupun makanan udah dijaga. Harus rajin olahraga banyak gerak jangan diem terus. Pasti bakal susah tapi kalau mau sembuh itu satu-satunya cara bukan pake obat dokter.

      Hapus
    2. Coba akupuntur dan pijat reflexi mba, sy sdh mencoba dan bisa membuat pukiran tenang dan juga bisa tidur nyenyak.

      Hapus
  5. Spt yg saya alami, alhamdulillah ternyata ada temannya hehe..kirain cm sy yg alami,mikirnya dh kaya kena serangan jantung nih.. well emg GERD benar2 mengubah pola hidup sy,jd lbh ke arah poaitif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu awal kena saya juga mikir gitu, tapi sekarang-sekarang saya tau ternyata ada bnyak juga yg mengalami hal srupa. Semoga bisa cepar sembuh!

      Hapus
    2. Cara utk sembuh ny gmna mbak.. Tlong dibantu ya.. Agar2 temen2 kita yg laen bs sembuh

      Hapus
    3. InsyaAllah kalau udah sembuh total langsung cusss ngeblog!

      Hapus
  6. Bahhh samaaa, g pikir g doank yg tiap malem ga bisa tidur. Perut kembung, jantung deg2 an kaya mau copot, nafas sesek. Ga bisa di bawa rebahan. Mesti di bawa duduk. Uda ke dokter sono sini tp ga sembuh2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaa iya. Dulu saya juga kalau tidur bantal hrus tinggi tp skrg2 udh bisa sih agak sedikit bantalnya. Kalau mau sembuh itu emang harus dri sendiri yg berjuang, obat dokter ma gak akan berpengaruh banyak. Paling peting jangan stress sama makan yg bener jngan telat kalo bisa 3 / 2 jam sekali makan gak hrus nasi yg penting diisi. Olahraga juga perlu.

      Hapus
    2. Cara utk bs tidur ny gmna mbak.. Tlong dibantu

      Hapus
    3. coba 3-4 jam sebelum tidur jangan makan apa-apa. dan minum air hangat. bisa pakai aroma therapy. semoga bisa membantu

      Hapus
  7. Saya juga baru kena gerd. Lebih kurang 2bulan agan2. Tapi abg saya anjurkan refleksi/pijat syaraf, karna dia juga udah tahunan gerd ny. Nd ringan ny gerd abg saya ya ketika refleksi/syaraf itu tadi. Na.. Yg terpenting bagi penderita gerd emang menjaga pola makan dn hindari stres.trus agan2 jangan lupa makanan pantangan ny juga harus benar2 dihindari😇

    BalasHapus
  8. Pantangan makan bagi penderita gerd apa saja ya? Dan pola makannya bagaimana ya? Mohon pencerahannya. Saya sudah 2 bulan ini kena. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantangan ny ??
      Kopi
      Teh
      Mie
      Mihun
      Santan
      Minuman soda
      Pedas
      Asam

      Hapus
    2. Makan ny hrs teratur.. Sarapan, makan siang & makan malam.. Klo sarapan pagi ny jam 8 berarti besok hari ny sarapan ny jg hrs jam 8 bgtu jg utk makan siang & makan malam ny hrs teratur di jam yg sama setiap hari insyaa dlm 2 minggu udh ad perubahan tp lebih bagus perut ny jgn sempe kosong hrs bnyak ngemil..makan dlm porsi sedikit tp di seringin.. Semoga memmbantu

      Hapus
    3. Kalau kakak merasa tidak enak atau sering kambuh setelah makan itu jangan dimakan dulu. Kalau pas dimakan tidak merasa masalah ya gak apa-apa. Jangan semua serba dipantang. Itu kata dokter yang menangani saya. Yang penting dipikirannya positif, jangan mikir bakal kambuh. Boleh makan yang berlemak, tapi ya jangan banyak2. Semua yang berlebihan tidak akan baik. Tapi kalau terasa lagi parah2 nya ya sudah makannya dengan yang serba direbus atau dikukus aja dulu. semoga membantu.

      Hapus
  9. Beberapa bulan ini aku juga mengalamibhal yg sama.malam jadi parno mau tidur.bentar tidur...tiba2 kesedak cairan yg tiba2 memenuhi rongga mulut...akhirnya muntah.kadang2 sampai jadi batuk2 karena masuk ke pernafasan.hal ini membuat aku jadi tanbah stress.akupun jadi kurang tidur.sedih...rasanya...gmn ya bs balik kayak dulu lg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya allah bs balik lg kyk dlu tp hilangin dulu stress ny jg trllu bnyk pikiran & jgn trllu cpt emosi.. Appn yg trjadi dibawa enjoy az biar stress ny berkurang

      Hapus
    2. usahakan 3-4 jam sebelum tidur malam jangan makan apapun. Kalau minum boleh. dan kalau sudah makan jangan langsung berbaring. coba tidur nya menghadap kiri.

      Hapus
  10. Semoga Alloh subhanahu wa ta' ala menyembuhkan kita semua dr penyakit gerd dan anxiety

    BalasHapus
  11. Semoga Alloh subhanahu wa ta' ala menyembuhkan kita semua dr penyakit gerd dan anxiety

    BalasHapus
  12. Ini yg sedang saya alami dalam seminggu ini.. dan saya sama sekali tidak bisa tidur.. bisa tidur itu mungkin sebuah keajaiban.. semoga kita lekas sembuh dari gerd.. amin ya rabb.. sama" berdoa ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo udh bs tidur tlong bagikan tips ny ya gan.. Biar temen2 kita yg pnya gerd bs tidur nyenyak lg

      Hapus
    2. InsyaAllah nanti akan saya tulis di Blog. Tapi Alhamdulillah tidur saya sekarag jauh lebih nyenyak dari dulu. Yang pasti pola makan sangat berpengaruh sih. Kalau salah makan malemnya bisa kambuh dan bikin sulit tidur.

      Hapus
  13. sya juga udh 3minggu susah tdur dan klw pun trdur sllu kebangn udh berobt blon ad perubhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu hrs butuh kesabaran gan.. Klo gk cbo dlu tidur smnbil stengah duduk.. Wlpn tidur bntr tp ad nyenyak ny..

      Hapus
    2. saya juga begitu dulu kalau tidur harus pakai bantal tinggi karena biar tidak sesak. Tapi sekarang Alhamdulillah tidak tinggi-tinggi pun tidak terlalu masalah. Harus banyak minum air putih.

      Hapus
  14. Saya jg udh 1 minggu ne mengalami susah tidur gara2 GErD(asam lambung) .. Siang jg gk bs tidur aplg malam smpe2 badan ne lemas kyk orang kurang darah.. Klo temen2 ada solusi ny tlong dibantu ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah akan saya bahas segera. Semangat kak! Jaga pola makan, jangan lupa bergerak, dan berdoa!

      Hapus
  15. Iya nih saya jg skr baru kena gerd nyiksa banget, mulai susah tidur.. sampe pagi saya ga bisa tidur , laper tp begitu makan asam lambung mkin naik rasanya. Ada tips nya ga ya kalau insom biar perut ga laper? Dibiarkan kosong apa memang harus makan ya wlpn mlm2? Pencerahan nya donk tmn2 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Yang punya GERD itu harus sering makan justru, semakin sering diisi semakin bagus. Gak usah banyak2 kayak makan orang normal. sekali makan 5 kali suap juga gak masalah. dan gak harus nasi. Lalu jam makannya harus sama terus. kayak minum obat. agar lambung menyesuaikan waktunya. Mungkin kakak makannya masih belum teratur. Jadinya di saat bukan waktunya makan lambung malah bekerja.

      Hapus
  16. Saya jg gitu,,lg tidur mala kebangun,,nyiksa banget,,,asam lambung,,,mala ada tetangga ampe pingsan,,,lg tidur,,,cpt bgt asam lambung naik,,terasa sesak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu karena ketika tidur posisi kita miring yang membuat gas asam bisa naik ke atas karena seperti yang kita tahu penderita GERD itu otot LES nya sudah lemah. Ketika kambuh usahakan jangan panik dan cepat minum air hangat. Saya sarankan pola makan memang harus benar-benar dijaga.

      Hapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Saya juga penderita gerd anxiety, awal kejadian sama juga pada malam hari sekitar jam 2 malam, saat saya sedang menonton video tiba" serasa deg, seperti jantung berhenti, teru mulai panik dan lain2, sekarang alhamdulillah saya sudah bisa mulai terbiasa dengan sensasi" yg disebabkan oleh anxiety, dan alhamdulillah juga asam lambung saya sudah membaik berkat madu herbal, tapi sekarang jam tidur saya jadi berubah, saya tidur dari jam 11 siang bangun jam 3 sore setelah itu tidur lagi dan bangun saat maghrib, apa yang yang harus saya lakukan mbak, dan saat malamnya saya bisa tidur paling set jam sampai 1 jam saja, dan saat malampun saya biasa saja dan gak pernah panik dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah jangan kayak gitu! yang sehat tidur dari jam 9 bangunnya pagi pas subuh. kalau mau tidar siang boleh. tapi setengah jam-1 jam aja. begitu yang sehat. coba dulu aja. semoga jadi kebiasaan. dan jangan makan 4 jam sebelum tidur.

      Hapus
  19. Semangat teman2, semoga semua segera di sembuhkan dan bisa beraktivitas seperti sedia kala.Amiinn...

    BalasHapus
  20. Saya sering merasakan pas lagi keramaian serangan panik sesak nafas rasa mau serangan jantung ,pokok nya saya sering panik ketika lelah kurang tidur olhraga berlebih dan saat saya mulai terasa dada saya berdebar langsung saya panik seakan saya kena serangan jantung dan rasa saya mau mati,gmna ya cara saya mengatasi nya,soal udah bertahun tahun saya mengalami seperti ini,saya org nya murah panik

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy dr awal feb karna kecapean,trus ditamba wbh covid,anak2 di rumah jd ekstra capek,stress + parno awal2 denger berita2.
      bolak balik rs ke dr n ugd malam2,bknnya sembuh malah tamba parah karna efek samping obat.
      akhirnya nyari info di google baru sadar ad anxiety,baru 1 bln lalu ke psikiater diksh obat penenang 5hr langsung mendingan panik attactnya.
      tp msh kambuh2 kalo salah makan yg bikin kembung pas malam jdnya malah ga bisa tidur sampe pagi.
      ini dah 3x dlm 5hr ga bisa tidir ampe pagi,skrg aj dah jam 3 subuh msh seger.
      kyknya emang bener mesti diperbaiki pola makannya sama mesti makan makanan yg aman buat lambung dulu,karna ampe skrg aj msh bingung pdhal dah jaga makan tp ad aj yg bikin kembung.
      coba mbak kalo ga kuat ama anxiety/serangan panik bisa coba ke psikiater dulu,kemaren sy ke dr. andri omni alsut,kalo ga coba buka ignya(andripsikosomatik)ama ad channel youtubenya...mudah2 an cukup membantu,dr nya baik,byk penjelasan di youtube nya.

      Hapus
    2. yg penting jg kondisi tubuh mesti fit,karna kurang tidur trs yang bikin kambuh lg.
      msh berjuang trs ni sayanya,kayaknya skrg lbh ke pola makan ama mesti awasin bener yg dikonsumsi biar ama lambung jd bisa tidur nyenyak.

      Hapus
    3. betul mba, efek samping obat malah bikin memperburuk kondisi kita..saya juga pernah alami juga

      Hapus
    4. semangat semuanya. jangan kebanyakan cemas! jalani aja dulu dan tetap berpikir positif!

      Hapus
  21. Wah saya barusan kena serangan asam lambung. Panik! Rasanya menjalar di punggung. Kyk ngantuk berat tapi ga berani untuk ngelos. Setelah memenangkan diri Alhamdulillah mendingan. Tapi belum berani tidur. 😕

    BalasHapus
  22. Yang sulit tidur bisa mungkin musik relaksasi bisa membantu. Bisidi kihat di
    https://www.youtube.com/channel/UCxakJRPc_Pjy3E_gxDvttOQ

    BalasHapus
  23. ternyata banyak ya yang kena GERD, dan semua cerita yang ada diatas sama dengan juga yang saya rasakan.. cemas berlebih, mudah panik.. tapi apapun ini adalah ujian yang TUHAN berikan, itu pengobat saya.. yang yakin pasti kita mampu melewatinya.. meskipun berat dalam kenyataannya tapi yakin pasti ada jalan kita bs sehat lagi.. semangat yuuk, senang baca sharingan ini.. moga kita selalu berprasangka positif truss ya, biar terhindar dari stress

    BalasHapus