SEMBUH DARI GERD? #1

Welcome to My World My Lovely Friend: GERD


Kira-kira, udah sekitar 3 tahunan saya kenal sama temen saya yang satu ini. Kenalanya tiba-tiba lagi.. Saya gak pernah minta buat kenalan, eh... dianya malah ngenalin diri duluan. Jadi ceritanya gini. 

Tahun 2014 kalau gak salah. Waktu itu saya mau tidur, sekitar jam 9 atau nggak 10 malam. Terus pas saya udah siap tidur nih ya, kepala udah ada di atas bantal. Kok, rasanya dada saya sesek banget ya.. terus, kok sulit banget sih buat nafas.. Karena hal itu terjadi, akhirnya saya jadi gak bisa tidur. Saya belum tau banget hal apapun tentang kawan saya ini, jadi waktu sakit itu kambuh, ya.. "I have no idea". Saya gak pernah kepikiran kalau aslam (asam lambung) saya lagi naik pada waktu itu. Jadi, saya pikir mungkin saya lagi masuk angin, bahkan saya mikir kalau saya kena 'asthma'. Karena waktu dulu juga saya pernah punya riwayat TBC paru-paru, makanya saya mikir kalau itu ada hubungannya. Namun, karena saat itu saya dan keluarga saya sama sekali gak tahu penyebab saya sesak itu, jadi ya.. saya hanya mencoba untuk istirahat aja.

Saya inget banget, waktu itu badan saya kayak "shaking", dada sesek, mau nafas dari hidung kek dari mulut kek rasanya susah banget. Mau ngomong susah. Udah ditidurin gak enak, duduk juga masih gak enak. Saya bilang ke orang tua saya apa yang saya rasain, dan mereka bilang kalau mungkin saya cuma masuk angin. Akhirnya ortu saya 'ngerokin' saya kalau gak salah, biar anginnya keluar. Yang pasti badan saya tuh di banjur sama minyak anget (gak dibanjur juga sih..). Tapi rasanya setelah itu, masih sama aja. Gak terlalu membaik. Mungkin sakit badan saya jadi lumayan ilang. Tapi sesek masih. Pokoknya saya inget banget, malem itu saya sama sekali gak bisa tidur. Gelisah banget. Keringet dingin. Dan yang ada di otak saya pun isinya negatif semua, rasanya kayak mau mati bentar lagi. Kalaupun tidur cuma buat beberapa menit, terus kebangun lagi. Pas bangun ngeliatin jam, berusaha buat nafas perlahan-lahan, terus nyoba tidur lagi. Dan posisi tidur saya itu gak bener-bener tidur. Jadi rada kayak yang duduk di sofa, gak bener-bener berbaring karena sulit buat nafas gitu kan. Akhirnya... setelah beberapa jam, saya mulai bisa tidur nyenyak dari jam 4 pagi.


Besok paginya, saya udah ngerasa baikan. Tapi, kejadian waktu malem itu masih aja keinget dibenak saya. Saya masih bingung penyebab saya bisa kayak kemaren itu. Karena hal itu, pikiran saya masih kacau untuk beberapa hari. Saya mikir kalau itu pertanda Tuhan ngingetin saya kalau bentar lagi saya mau mati. Akhirnya saya rada-rada taubat gitu. Setelah itu saya juga jadi takut buat ngelakuin beberapa hal. Takut keluar atau beraktivitas. Saya juga nanyain ke temen-temen saya kalau saya punya hutang atau nggak, karena takut keburu mati belum lunas. Hehehe. 

Selama beberapa hari, si sesak nafas itu kadang muncul kadang enggak. Akhirnya saya periksa ke dokter umum. Lalu dokter bilang "Gak kenapa-napa kok. Inimah kayaknya maag." Dari dulu saya emang udah punya maag, tapi gak sampai buat sesak nafas atau susah makan. Makanya saya bingung. Kok, maag bisa sampai kayak gini ya.... Saya jadi gak yakin kalau saya cuma kena maag doang, karena setelah minum obat maag dari dokter saya masih sering kambuh. Saya pun sudah mencoba untuk gak telat makan. Tapi ternyata masih sama aja. Saya jadi tambah bingung dan stres mikirin penyakit. Saya jadi ngerasa mungkin ini bukan sekedar penyakin maag, mungkin saya kena penyakit lain. Ibu saya pun ikut-ikutan khawatir, beliau sampai bilang "Ya udah atuh, cek aja semuanya. Bisi ada apa-apa." Walaupun begitu, ibu saya tetap menenangkan saya dan meyakinkan bahwa sakit saya mungkin hanya karena stres saja. Kadang saya juga suka ngerasa sakit dibagian dada sebelah kiri. Makanya saya pikir saya juga punya masalah sama jantung. Pokoknya gara-gara penyakit ini saya jadi mikir yang macem-macem. Nyari di internet, eh... bukanya ngebantu malah buat stres..gara-gara hasilnya yang keluar macem-macem. Rata-rata yang keluar itu penyakit-penyakit berat. Kan saya jadi takut kalau saya kena penyakit gituan. Akhirnya saya berhenti buat searching di internet.


Tetapi karena saya masih penasaran saya mencoba mencari lagi dan lagi. Ternyata suatu waktu, saya melihat sebuah postingan. Lupa entah di facebook atau blog. Pokoknya itu isinya tentang pengalaman kena GERD. Pas saya baca ternyata isinya itu sama persis sama apa yang saya rasain. Akhirnya disitulah saya mengenal GERD. Saya mulai mencari tahu tentang si GERD ini. Kemudian saya merasa yakin kalau saya kena penyakit yang satu ini.

Bersambung..

Share:

36 komentar

  1. Semoga kita semua segera sembuh ya amin aku sudah hampir 2 Minggu ini kena penyakit itu

    BalasHapus
  2. Tahun yang lewat kalau gak bisa puasa di bulan ramadhan karna penyakit gerd gak sembuh sembuh...
    Alhamdulillah tahun ini bisa puasa, semoga bisa penuh 1 bulan amin...
    Saya sembuh dari gerd dan sekarang bisa puasa karna dahulu saya berobat dengan dr yusuf.
    Saya di suruh jaga pola makan nya dan jangan stres kata nya dan saya juga ada minum obat dari dr yusuf yang saya pesan melalui beliau kala itu.
    Kalau saudara belum sembuh coba hubungi beliau aja.
    Konsultasi langsung
    Ini No hp dan wa beliau.
    085361675232
    Semoga saudara juga bisa sembuh ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau konsult lewat wa apa dikenakan biaya?

      Hapus
  3. Sharing donk.. Bagi yg sdh sembuh tlong kasih tau obat & solusiny biar temen2 yg mengalmi gerd bs sembuh jg..

    BalasHapus
  4. Saya jg kena gerd sudah 2 minggu ini, menyiksa banget rasanya, tiap malam gk bs tidur, kalau tidur sesak n napas pendek gitu, pikiran jadi negatif aja.sudah 2× k rumah sakit, katanya stres, akhirnya aq nyoba' beli obat herbal, n selalu berfikiran positif n istighfar terus, alhamdulillah sekarang bs tidur kalau malam, tp terkadang masih suka sendawa dikit, n badan lemas. Tp parahnya gk kayak 1 minggu yg lalu, semangat terus n selalu berpikir positif y, semoga qt yg punya penyakit gerd, segera d beri kesembuhan oleh Allah.aamiiin

    BalasHapus
  5. Saya jg kena gerd sudah 2 minggu ini, menyiksa banget rasanya, tiap malam gk bs tidur, kalau tidur sesak n napas pendek gitu, pikiran jadi negatif aja.sudah 2× k rumah sakit, katanya stres, akhirnya aq nyoba' beli obat herbal, n selalu berfikiran positif n istighfar terus, alhamdulillah sekarang bs tidur kalau malam, tp terkadang masih suka sendawa dikit, n badan lemas. Tp parahnya gk kayak 1 minggu yg lalu, semangat terus n selalu berpikir positif y, semoga qt yg punya penyakit gerd, segera d beri kesembuhan oleh Allah.aamiiin

    BalasHapus
  6. Saya jg kena gerd sudah 2 minggu ini, menyiksa banget rasanya, tiap malam gk bs tidur, kalau tidur sesak n napas pendek gitu, pikiran jadi negatif aja.sudah 2× k rumah sakit, katanya stres, akhirnya aq nyoba' beli obat herbal, n selalu berfikiran positif n istighfar terus, alhamdulillah sekarang bs tidur kalau malam, tp terkadang masih suka sendawa dikit, n badan lemas. Tp parahnya gk kayak 1 minggu yg lalu, semangat terus n selalu berpikir positif y, semoga qt yg punya penyakit gerd, segera d beri kesembuhan oleh Allah.aamiiin

    BalasHapus
  7. Saya jg kena gerd sudah 2 minggu ini, menyiksa banget rasanya, tiap malam gk bs tidur, kalau tidur sesak n napas pendek gitu, pikiran jadi negatif aja.sudah 2× k rumah sakit, katanya stres, akhirnya aq nyoba' beli obat herbal, n selalu berfikiran positif n istighfar terus, alhamdulillah sekarang bs tidur kalau malam, tp terkadang masih suka sendawa dikit, n badan lemas. Tp parahnya gk kayak 1 minggu yg lalu, semangat terus n selalu berpikir positif y, semoga qt yg punya penyakit gerd, segera d beri kesembuhan oleh Allah.aamiiin

    BalasHapus
  8. Saya jg kena gerd sudah 2 minggu ini, menyiksa banget rasanya, tiap malam gk bs tidur, kalau tidur sesak n napas pendek gitu, pikiran jadi negatif aja.sudah 2× k rumah sakit, katanya stres, akhirnya aq nyoba' beli obat herbal, n selalu berfikiran positif n istighfar terus, alhamdulillah sekarang bs tidur kalau malam, tp terkadang masih suka sendawa dikit, n badan lemas. Tp parahnya gk kayak 1 minggu yg lalu, semangat terus n selalu berpikir positif y, semoga qt yg punya penyakit gerd, segera d beri kesembuhan oleh Allah.aamiiin

    BalasHapus
  9. Saya jg kena gerd sudah 2 minggu ini, menyiksa banget rasanya, tiap malam gk bs tidur, kalau tidur sesak n napas pendek gitu, pikiran jadi negatif aja.sudah 2× k rumah sakit, katanya stres, akhirnya aq nyoba' beli obat herbal, n selalu berfikiran positif n istighfar terus, alhamdulillah sekarang bs tidur kalau malam, tp terkadang masih suka sendawa dikit, n badan lemas. Tp parahnya gk kayak 1 minggu yg lalu, semangat terus n selalu berpikir positif y, semoga qt yg punya penyakit gerd, segera d beri kesembuhan oleh Allah.aamiiin

    BalasHapus
  10. saya juga merasakan hal yang serupa, cerita saya ada disini..

    Sembuh Gerd Anxiety

    BalasHapus
  11. Iya ka ayo sharing bkin grup wa

    BalasHapus
  12. Iya kak aku sama juga cemasnya yg sulit dihindari kalau sudak sesak nafas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo badan panas kayak kebakar dan nyeri2 dan kesemutan ada yg merasakan gak?

      Hapus
    2. Aku juga kerasa kebakar dan nyeri dipunggung

      Hapus
    3. iya memang begitu gejalanya.

      Hapus
  13. Q juga gerd rasanya sakit badan semua

    BalasHapus
  14. saran sy klo mau sembuh dri gerd cba deh pasti bs sembuh gi vital soft gel bgus bget langsung reaksi si jamin,aku udh cba hub sy no wa sya 081256810375

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di jamin gk
      Soalnya udah banyak coba obat tapi gk sembuh2 jg

      Hapus
  15. emng kalau yg punya penyakit gerd tenggorkan suka kering gak ??
    Mohon jawaban.a 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo saya tenggorokan seperti radang tenggorokan suara serak maunya hemm hemm hemm terus untuk mengeluarkan lendir

      Hapus
    2. Kalo saya tenggorokan sangat kering kalo mlm, jadi amandel sering meradang, kayak ada lendir2 gitu tp gabisa keluar

      Hapus
    3. iya akibat asam lambung yang naik.

      Hapus
  16. Saya sakit gerd sudah 1 bulan sensasi yg terasa sekali d tenggorokan saya serasa radang apakah yg lain jg demikian
    Mohon d jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bisa jadi gerd. mungkin bisa beritahu gejala lainnya.

      Hapus
  17. assalamualiakum..awal tahun 2016 saya pertama kali kena penyakit GERD, yang awalnya saya pikir serangan jantung karena merasakan sesak nafas dan jantung berdebar, akhirnya ke UGD dan dokter mendiagnosa GERD, berbagai macam obat dokter saya sudah pernah coba, sampai2 saya pernah ke psikiater dan pernah juga di hipnotheraphy.Hingga akhirnya saya coba mendekatkan diri kepada allah dengan cara banyak berdoa dan beribadah, terus terang terkena GERD adalah suatu anugerah yang allah berikan kepada saya karena sebelum terkena penyakit ini saya jarang sekali beribadah, makanya saya bersyukur pernah diberikan penyakit ini karena dengan ini saya menjadi dekat kepada allah sang pencipta, saran saya untuk teman2 penderita GERD dand anxiety, cobalah untuk lebih pasrah dan lebih mendekatkan diri kepada allah, lawan segala pikiran negatif ( trust me..it's only in your mind!!! )dan insya allah penyakit ini bisa dikalahkan dan satu saran yang sangat penting STOP googling GERD!!!, ini sangat berpengaruh besar karena dengan sering googling anda akan terus memikirkan GERD anda. semoga para penderita GERD dan Anxiety dimana pun dapat lekas sembuh dan tidak akan kambuh lagi. aamiin..

    BalasHapus