GERD ITU SOBATNYA ANXIETY! #4

Setelah lama tak bersua, akhirnya saya balik lagi buat nulis. Seperti biasa.. kesibukan yang melanda menyebabkan saya susah buat nulis, ditambah dengan faktor 'Stress' jadinya kawan saya si 'GERD' yang nyebelin kembali kambuh. Padahal ya.. mau curhat sedikit. Selama beberapa minggu lebih saya sudah berhasil ngehindar dari GERD. Dikarenakan saya udah mulai menerapkan pola hidup sempurna yang saya rencanakan sendiri. Jadi, tiap pagi saya makannya sama Oat, terus jam 9 pagi makan nasi. Gak usah banyak-banyak. Siangnya makan nasi dengan porsi cukup banyak, karena siang itu usahakan makannya yang banyak ya! Soalnya lambung kita masih adem ayem buat yang punya aslam khususnya. Beda sama malem hari kesana, makan di luar batas aja udah langsung 'K.O'. Jadi pas malem saya makannya sedikit. Cuma sayur aja. Pokoknya yang gak lama dicerna dan mudah juga dicernanya. Sama saya mulai ngejarak waktu makan dengan minum. Setelah makan gak langsung banyak minum, paling cuma 3 teguk. Itu juga buat ngedorong sisa-sisa makanan yang masih di dalam mulut biar masuk ke perut. Setelah itu tunggu sekitar setengah jam (minimal) sampai satu jam, baru bisa minum segelas air. Buat apa fungsinya? Biar gak ngebebanin lambung waktu proses pencernaan berlangsung. 

Tapi...setelah usaha yang berhasil saya lakukan (hanya untuk sesaat), akhirnya GERD saya kembali kambuh. But, why!? Yap! Karena kesalahan saya sendiri. Saya mulai bandel makan makanan yang udah jelas akan mengundang kawan saya, GERD, untuk berkunjung. Sehingga akhirnya ia mengetuk pintu lambung saya dan membawakan saya oleh-oleh yang sangat saya sesali. Sekalinya GERD kambuh, udah aja.. makan saya gak akan bener kesananya. Dan sekarang, saya kembali ke kebiasaan awal yang amat sangat tidak baik. Makan udah gak diporsi lagi. Seenaknya aja, makan apa aja yang penting enak buat saya. Waktu makan udah gak teratur, sehingga pada akhirnya saya harus kembali mengkonsumsi tablet antasida untuk beberapa hari, yang pastinya hal tersebut akan berefek kurang baik bagi tubuh. Karena penggunaan antasida dalam jangka panjang juga akan memberikan efek samping. Jadi sebaiknya jangan terlalu bergantung sama antasida ya..! Kalau bisa, minum air anget aja dulu sama makan jahe tipis aja. Mudah-mudahan bisa mendingan.

Sekarang, saya akan memulai topik pembicaraan saya kali ini mengenai salah satu sahabat yang dikenalkan kawan saya GERD yaitu Anxiety. Si anxiety ini orangnya hiperaktif, lebay, segala hal dipikirin makanya dia jadi parnoan. Oleh karena itu saya sebel banget nih kalau Anxiety dateng berkunjung. Sebab dia cuma ngebuat saya tambah stress. GERD sama Anxiety itu kayak dua sahabat yang gak bisa dipisahkan. Kalau GERD datang berkunjung, Anxiety suka ikut-ikutan dateng. Kalau Anxiety yang berkunjung, eh... si GERD juga suka ikut-ikutan dateng. Kan sebel! Udah ma dua-duanya sama-sama nyebelin lagi. Mending ngasih sesuatu yang baik. Yang ada saya jadi gak bisa ngelakuin apa-apa kalau mereka dateng, pokoknya saya sebagai tuan rumah ngerasa kesiksa banget deh! Oleh karena itu, beberapa hari yang lalu saya sudah melakukan penelitian mandiri dengan nyari-nyari informasi mengenai Anxiety, keterkaitan antara Anxiety dengan GERD, dan cara mencegahnya. Ketika orang mengalamai Anxiety atau 'gangguan kecemasan', maka itu akan sangat berpengaruh kepada pikirannya dan dari pikiran berpengaruh ke tubuh. Makanya kalau kalian stress itu bisa menjadi pemicu naiknya asam lambung dan kalau kalian kambuh asam lambungnya kalian bisa jadi stress. Makanya dua hal ini adalah dua hal yang saling berkaitan. Jadi, kalau kalian mau nyembuhin anxiety dan GERD, rubahlah pola pikir dan pola hidup kalian. Gak bisa salah satu aja yang dirubah. 



Anxiety semacam apa sih yang sering saya rasain?? 

Biasanya saya itu kalau lagi naik motor suka mikirnya kemana-mana. Contohnya, mikir tentang kecelakaanlah, inilah..itulah.. Mikir bakal ada pohon tumbang, atau truk bakal keguling, atau ada petir yang bakal nyamber. Hal-hal kayak gitu tuh yang buat saya stress dan jadi takut untuk berpergian kadang. Sedangkan saya adalah seseorang yang tiap hari harus pergi pake motor. Kadang pernah juga mikirin ada begal yang ngejar. Boleh gak sih kita khawatir kayak gitu? Boleh aja! Itu artinya otak kalian memerintahkan kalian untuk waspada, tetapi..kalau berlebihan sampai kalian takut buat ngelakuin hal-hal normal, itu artinya kecemasan kalian udah gak wajar! Berarti kalian bisa jadi pengidap gangguan kecemasan. Saya juga sering banget khawatir sama hal-hal yang belum terjadi, masalah kecil jadi terlihat lebay, dan hal itu justru membuat kalian khawatiran terus kerjaannya tiap waktu. Jadinya banyak mikir dan kebawa stress. Kalau udah stress ya..kumat tuh GERD.


Lalu hal apa sih yang sudah saya lakukan sejauh ini untuk mengatasi Anxiety?

Saya gak minum obat-obatan kok! Masih ada cara yang lebih aman dan nyaman. Saya udah nyobain meditasi selama beberapa menit, buat menenangkan pikiran. Setiap pagi coba deh, 5 menit aja buat yang masih awam. Nanti kalau udah terbiasa, tambahin waktunya sampai setengah jam atau satu jam kalau bisa. Lama-lama jadi biksu juga tuh. 😝


Tapi beneran deh, meditasi itu membantu banget dalam mengontrol pikiran. Tapi ada cara yang lebih dianjurkan sih kalau buat yang muslim. Kan kita udah disuruh tuh buat bangun tiap pagi. Coba bangun sepertiga malem terus tahajud, itu juga sama aja kayak meditasi yang bahkan sangat disarankan oleh Tuhan dan Rasulullah SAW. Karena pada sepertiga malam, keadaan masih sepi dan tenteram. Coba deh buat berdo'a ke Allah mohon ampunan dan petunjuk biar bisa cepet sembuh. Terus dzikir sambil berdiam diri beberapa saat, nunggu adzan shubuh. Karena hal itu juga merupakan proses meditasi. Bisa menentramkan pikiran dan hidup. Selain itu, coba untuk olah raga. Minimal jalan kaki tiap pagi. Gak usah jauh-jauh. Jalan kaki di kompleks sambil liat yang hijau-hijau (tetumbuhan). Bikin kita seger. Terus juga belajar untuk ikhlas dan menerima segala keadaan. Yakin kalau setiap masalah itu ada jalannya, jadi biar kita gak keingetan terus sama masalah dan merasa dendam sama suatu hal. Karena justru hal itu cuma ngebuat anxiety tambah parah dan GERD juga jadi gak sembuh-sembuh akhirnya. Gak enak kan!

Kayaknya segitu dulu aja buat tulisan kali ini mengenai dua sejoli, GERD dan Anxiety. Dua tokoh yang sangat kita benci tetapi memberikan pelajaran bermakna untuk kita yang sering dikunjungi. 😜

Bersambung... (kayak sinetron aja teh..)

Share:

7 komentar

  1. Mkasih mba sngat bermanfaat
    Btw mba skrng uda sembuh?
    Atau si kawannya ada sering datang lgi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya kawan saya itu dateng lagi kmren2, gara2 salah saya sendiri makan nya gak teratur karena terlalu sibuk. Tapi Alhamdulillah skrg udh merasa membaik setelah kembali menjaga pola makan ditambah minum obat dr dokter, dan selama puasa kawan saya gak muncul2, mungkin terasa sedikit sensasi ketika berbuka tp itu hal wajar karena perut perlu penyesuaian kembali setelah beberapa jam tidak makan. Dan sejauh ini saya bisa tidur enak. :)Terimakasih sudah membaca

      Hapus
  2. Mbak, blognya membuat hatiku ringan haha... kawanmu itu kawanku juga soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh..jadi seneng dengernya:) semangat terus !!kita pasti bakal sembuh lagi! makasih udah baca :)

      Hapus
  3. Saat saya tulis komen ini jam 01:32, saya terbangun karena dada saya nyeri dan makanan saya seperti ada di tenggorokan semua. Memang akhir2 ini sering seperti ini, sy baru saja minum obat dan sekarang anxiety saya turun oleh karena baca blog ini. Terimakasih

    BalasHapus