MAKAN ADALAH HAL MENAKUTKAN BAGI SAYA #3

Makan.. siapa sih yang gak suka sama makanan. Semua orang pasti suka dan kudu makan pastinya. Tapi gimana kalau kalian jadi takut buat makan? Bahaya kan!

Saya lahir dalam sebuah keluarga yang orang-orangnya doyan banget makan. Keluarga saya itu kalau kemana-mana mesti ada makanan buat ngemil. Kalau di rumah orang hobinya ngabisin makanan. Kalau kita habis beli makanan di supermarket, niatnya buat persediaan makanan sebulan. Eh...yang ada tu makanan langsung habis dalam waktu 2-3 hari. Kan sebel jadinya. Keluarga saya juga seneng banget sama yang namanya food hunting. Biasanya kita suka ke Lembang buat cari-cari makanan atau makan seafood. Tapi sayang, semua hal itu berubah....semenjak saya kenal dengan kawan saya "si GERD". 

Biasanya saya bisa bebas buat makan apa aja. Ada makanan enak tinggal ambil. Ada kue-kuehan tinggal comot. Tapi sekarang...mau makan apapun kudu mikir setengah mati. Mau makan ramen gak bisa pedes, mau makan seafood takut kambuh karena mengandung banyak gas, mau makan buah gak bisa sembarangan, takutnya asem, mau minum gak bisa yang mengandung caffeine atau minuman berkarbonasi. Kalau lagi galau gak bisa makan coklat karena mengandung banyak lemak dan lama dicerna. Pokoknya ya..setelah saya tau semua itu rasanya kesiksa banget. Rasanya saya jadi gak bisa makan apa-apa. Gak usah makan deh sekalian, orang gak ada makanan yang bagus buat saya. Itu yang ada di pikiran saya waktu dulu. Rasanya saya nyesel banget kena penyakit ini. 


Kadang walaupun saya udah jaga makan saya masih sering bandel. Kalau makan mie atau apapun suka dikasih saos cabe. Saya tau tuh efeknya entar bakal kayak gimana. Tapi karena saya kesel, ya udah deh..saya lahap aja tuh cabe. Dan akhirnya....seperti yang udah saya duga. Negara aslam menyerang kembali, saya langsung menyerah deh gak bisa ngapa-ngapain. 

Menghindari seluruh pantangan itu memang susah. Justru di situlah pengorbanannya buat yang pengen sembuh dari GERD. Kita juga gak bisa nyalahin siapa-siapa karena salah kita sendiri kita kena penyakit ini, suruh siapa waktu sehat gak pernah jaga pola hidup. Mengendalikan stres dan lain-lain. Sekarang kita yang merasakan akibatnya. Makanya satu-satunya cara terbaik untuk menghadapinya ya... jalani dengan ikhlas dan terus berusaha, ikhtihar agar bisa sembuh. Karena kalau kita mau hidup begini terus. Menyesali takdir dan tidak berusaha sedikitpun, ya... alhasil keadaan kita pun akan sama-sama saja. Kalau kita mau berusaha pasti Tuhan akan senantiasa membantu. Percaya deh! 

Setiap makan, apalagi di malam hari. GERD saya sering kambuh. Hal itulah yang membuat saya takut melanjutkan makan. Akhirnya dalam beberapa waktu saya cuma bisa makan sedikit. Sangat sedikit. Saya juga sering menghindari banyak makanan karena takut kambuh. Berat badan saya mulai menurun. Saya tidak punya nafsu makan. Ketika saya sadar bahwa saya sudah kehilangan banyak berat badan saya langsung panik. Masalahnya perawakan saya memang sudah kurus. Semenjak kena penyakit ini berat badan saya jadi sulit naik, bahkan yang ada turun. Saya kan gak mau kalau berat badan saya terus turun. Akhirnya saya memutuskan untuk menghilangkan segala ketakutan saya untuk makan dan juga mencari cara agar GERD saya tidak kambuh saat sedang makan. 

Beberapa hari selepas saya tahu makanan apa saja yang perlu saya hindari, wow...seriusan deh, saya bener-bener ngejaga pola makan saya dan jenis-jenis makanan yang saya makan. Beberapa hari itu saya sampai gak makan sesuatu yang mengandung unsur "minyak". Bahkan saya juga makannya pakai bubur, bukan nasi biasa. Tiap pagi saya masak sendiri buburnya, saking takut kambuh. Kalau makan bubur kan nantinya lebih mudah dicerna. Terus saya banyakin makan sayur. Saya kurang-kurangi makan daging. Saya rada menjauh dari seafood dan sayur-sayuran maupun buah-buahan yang mengandung asam. Saya gak berani makan tauge atau kol. Rasanya kayak yang kena asam urat. Pokoknya beberapa hari itu saya bener-bener ngejaga makanan, kayak yang lagi diet.

Lalu bagaimana hasilnya?

GERD saya masih sering kambuh. LOH, KOK! Iya...beneran... masih sering kambuh. Aneh kan! Padahal makanan udah saya jaga sebaik mungkin. Mau tau kenapa? Jawabannya adalah.....

Karena saya lupa untuk mengontrol pikiran. 

Saya lupa untuk mengatasi stres saya. Justru dengan saya banyak menghindari makanan itu membuat saya sangat tertekan, selain itu saya juga banyak berpikir takut kambuh dan lain-lain. Takut tidak sembuh. Kebetulan saat itu juga saya sedang ada tes, jadi saya takut kepikiran kalau gak lulus. Terlalu banyak yang saya pikirkan. Padahal saya seharusnya menjalani saja seperti biasa.

Itulah salah satu poin yang lain. Untuk sembuh dari GERD, selain menjaga makanan juga kita harus bisa mengontrol pikiran. Hilangkanlah segala ketakutan akan hal yang bahkan belum terjadi. Hilangkan segala pikiran negatif tentang bagaimana orang akan menilai anda. Hilangkan rasa sakit hati dan dengki dalam hati anda. Karena itu semua akan membuat pikiran kita lebih baik. Hati kita lebih baik. Ketika hati kita damai, pikiran kita pun akan ikut tenang. 

Akhirnya, sejak saya merasa tidak ada gunanya saya terlalu menghindari makanan karena itu malah membuat saya stres, saya pun mulai merubah pola makan lagi. Tetapi tidak terlalu ekstrim. Jadi, saya mulai memberanikan diri untuk memakan berbagai makanan yang menurut saya tidak akan terlalu berdampak kepada aslam saya. Tapi tetap saja saya masih mengontrol makanan apa saja yang sebaiknya tidak saya makan. Hingga saat ini saya sudah menghindari beberapa hal seperti hal-hal yang mengandung caffeine, terutama kopi, saya sudah gak minum kopi. Kalau teh, kadang masih suka minum, itupun sangat jarang. Kalau tidak salah, ada teh yang baik untuk penderita GERD yakni teh camomile. Saya juga tau dari artikel, dan belum sempat buat cobain teh itu. Mungkin entar saya bakal beli. Selain itu saya juga sangat menjauhi minuman bersoda, buah yang asam seperti jeruk, dan coklat batangan. Kalau minuman coklat atau kue coklat kadang saya masih suka konsumsi. Sebetulnya yang paling harus dihindari sih cabai menurut saya , atau lada. Soalnya mereka itu kan bisa mengiris dinding lambung, jadi bahaya. (walau saya kadang bandel nyobain pedes). Tapi untungnya gak separah dulu.

Waktu dulu, saya itu makan makanan berminyak langsung kambuh. Pedes langsung kambuh. Minum susu gak bisa, langsung mual. Parah banget pokoknya. Tapi seiring dengan waktu, setelah saya lumayan menjaga makan dan sering minum vitamin atau suplemen, jadi lumayan sih. Makan pedes kadang gak kambuh. Makan goreng-gorengan udah bisa. Walaupun sebenernya gorengan itu lebih baik dihindari. Bukan karena kalian punya GERD aja. Kalau seandainya kalian gak punya GERD pun, lebih baik hindari karena bisa kena ke kolesterol. Bahaya kan, ya! Lebih baik menjaga dari sekarang daripada mengobati. Biayanya mahal... Boleh makan gorengan, asal jangan terlalu sering. Kalau bisa, minyaknya pun yang bagus. Yang gak berbahaya bagi tubuh.

Kalau untuk minum susu, saya masih suka minum susu sapi. Tapi lebih sering minum yang 'low fat milk'. Usahakan jangan minum yang 'full cream', karena mengandung banyak lemak. Selain itu, kadang saya  juga lebih memilih susu yang aman seperti susu kedelai, kalau kalian suka sih bagus. Soalnya kan banyak yang gak cocok juga sama susu kedelai. Atau mungkin bisa juga dicoba susu kambing. Karena jauh lebih sehat dari susu sapi, dan menurut saya rasanya juga sama-sama enak sih. Saya inget banget, waktu lagi parah-parahnya. Saya minum susu sapi, habis itu perut saya begah banget dari pagi sampe malam. Pas malamnya saya muntah, udah itu baikan deh. 

Jadi intinya begini kawan. Bagi yang menderita penyakit ini kayak 'saya', jangan terlalu dipikirin. Udah..kita jalani aja dengan ikhlas. Plus jangan lupa usahanya! Biar cepet sembuh. Banyak-banyak berdo'a, mendekatkan diri dengan Tuhan. Karena mungkin aja kita dikasih penyakit ini agar kita bisa lebih dekat dengan Tuhan. Kan ada sisi baiknya juga. Pokoknya, jangan terlalu fokus sama berbagai hal yang harus kamu hindari karena penyakit ini. Justru itulah yang malah membuat kamu semakin stres dan penyakit kamu gak kunjung sembuh. Terimalah dengan ikhlas, berpikir positif bahwa kita sehat-sehat aja. Makan makanan yang menurut kamu baik buat kamu dan kamu suka itu. Jangan terlalu maksain menghindar dari semua makanan, kan gak enak juga. Yang penting porsinya diatur. Jangan sampai berlebihan. Oke! ;) Semangat!!!

Bersambung.....


Share:

2 komentar

  1. Tapi ngendaliin pikirannya yang susah itu-. Kadang keadaan rame aja tiba tiba kalut merenung sama pikiran sendiri trs jadi takut takut sendiri deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget. Saya juga gitu. Justru ditempat yang rame banyak orang saya rada gak kuat apa lagi pas kambuh2nya. Tapi justru kalau tambah dipikirin sama panik entar malah jadi suka sesek nafas. Karena sakit ini juga kan kambuh bisa dari faktor pikiran. Satu-satunya cara coba menenangkan diri. Bisa dengan berlatih meditasi tiap hari. Cari waktu buat merilekskan tubuh. Jangan kebanyakan mikir. Jauhin stres paling utama. :)

      Hapus